Yudha Sasangka

Ucapan Selamat dan Doa untuk pengantin

Kebiasaan orang-orang Arab sebelum Islam memberikan ucapan selamat kepada pengantin dengan ucapan :“selamat berkumpul dan (semoga mendapat) anak laki-laki”. Inilah kebiasaan mereka yang mengutamakan anak laki-laki daripada perempuan.

Tetapi Rasulullah Saw telah memberikan petunjuk pada kita dengan sesuatu yang lebih baik dari itu. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan yang empat dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah Saw ketika mendapati dua manusia yang menikah beliau mengucapkan :

["Semoga Allah memberikan barokah bagimu dan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan"]

Dan dalam Shahih Muslim dari Jabir r.a bahwa Rasulullah Saw berkata kepadanya : “Apakah kamu sudah menikah?” aku katakan “Ya” kemudian beliau mengatakan : “Semoga Allah memberikan barokah bagimu”. Dalam riyawat Ad-Darimi ada tambahan :”dan semoga Allah memberikan barokah atasmu”.

Diriyawatkan oleh Ibnu Majah dari Aqil bin Abi Thalib r.a bahwasanya dia menikah dengan seorang perempuan dari Bani Jusyam, maka kami mengatakan : “Selamat berkumpul dan semoga mendapat anak laki-laki”. Aqil pun mengatakan “Jangan berkata seperti itu tetapi ucapkanlah sebagaimana Rasulullah mengatakan :

["Semoga Allah memberikan barokah bagi mereka dan barokah atas mereka"]

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ.

“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengum-pulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.”

(HR. Penyusun-penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai dan lihat Shahih At-Tirmidzi 1/316)

[raisahakim.com]

Doa untuk pengantin

Doa untuk pengantin