Rahmat&Rizki

Mengapa Muharram?



Insya Alloh pernikahan kami akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember yang bertepatan dengan bulan muharram pada kalender hijriyah. yah, kami akan menikah di bulan muharram. sebagai orang jawa, dimana kentalnya kebudayaan yang bertentangan dengan ajaran islam masih melekat, terdapat bulan yang sangat dihindari untuk menyelenggarakan suatu hajatan, yaitu pada bulan muharram. istilah jawanya adalah bulan sura. penentuan menikah di bulan muharram bukan proses yang begitu saja. beginilah cerita lengkapnya.

bermula dari ibu sang calon mempelai putri (calon mertua saya) yang menginginkan waktu yang lumayan cukup antara khitbah dan walimah. karena persiapannya cukup banyak bagi keluarga pihak putri. ibu mengusulkan menikah di bulan muharram. alasannya adalah karena ingin mengubah persepsi, sekaligus sebagai sarana berdakwah, dan meluruskan kekeliruan pemahaman yang terjadi di masyarakat. dalam islam, tidak ada bulan yang tidak bagus.

pada awalnya saya sempat khawatir dengan penetapan ini. mungkin di keluarga putri bisa menerima, tapi bagaimana dengan keluarga besar saya? saya mencoba menyiapkan argumen apabila mereka menolak. bukan, bukan karena saya mengimani kepercayaan yang telah mengakar di masyarakat. saya hanya khawatir jika penyampaiannya tidak baik, maka akan tidak baik. sambil terus berdoa, karena niatan saya juga baik, ingin menghapus hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat islam. dan subhanalloh, ketika dua keluarga bertemu, membicarakan tanggal, keluarga saya bisa menerima begitu saja tanpa penolakan sama sekali. sungguh ini semua karena DIA Maha Mengatur hati-hati manusia.  

sebenarnya, justru di bulan muharram, banyak peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dunia islam, seperti yang saya kopi paste-kan dari http://www.elitha-eri.net/2008/01/14/peristiwa-penting-di-bulan-muharam/
Peristiwa-peristiwa penting:

1 Muharam – Khalifah Umar Al-Khattab mulai membuat penetapan kiraan bulan dalam Hijrah.
10 Muharam – Dinamakan juga hari ‘Asyura’. Pada hari itu banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi perjuangan yang gigih dan tabah dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

10 Muharam 
1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah.
2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.
4. Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud.
5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.
6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
7. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah.
8. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya.
9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.
10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun.
11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.
12. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar.
13. Hari pertama Allah menciptakan alam.
14. Hari Pertama Allah menurunkan rahmat.15. Hari pertama Allah menurunkan hujan.16. Allah menjadikan ‘Arasy.17. Allah menjadikan Luh Mahfuz.18. Allah menjadikan alam.19. Allah menjadikan Malaikat Jibril.20. Nabi Isa diangkat ke langit.


Post a comment