Rahmat&Rizki

Step-step Membuat Undangan

Undangan merupakan hal yang tak terpisahkan dari sebuah walimatul 'ursy. Tradisi di daerah saya (Sampang, Cilacap), walimah diadakan oleh orang tua, jadi undangan pun atas nama orang tua, yang diundang juga kerabat orang tua. Pembuatan undangan ini saya rasakan lumayan rumit. FYI, almost semua preparasinya saya yang mengurus karena pas saya sudah lulus dan belum bekerja, jadi punya waktu luang banyak. Semua hal-hal teknis, saya yang mengurus. Dari mulai makanan (saya yang masak), bersih-bersih dan menata rumah, mengurus undangan, dll.

Step-step mengurus undangan sebagai berikut. Pertama mencari percetakan murah tapi oke. Efisiensi sangat penting, karena dalam walimah, pengeluaran tidak hanya untuk undangan. Alhamdulillah saya nemu percetakan murah di daerah Giwangan, dekat rumah kakak saya yang pertama. mengenai desain, karena pihak percetakan tidak bisa mendesain (tidak kreatif), sehingga saya memesan desain kepada adik, yang punya interest tinggi di bidang diskomvis. alhamdulillah desainnya awesome. proud of u sist. selanjutnya mencetak, hanya butuh waktu sepekan.

Sebelum memesan undangan, saya listing orang-orang yang akan diundang. Untuk mendapatkan data-data, saya meminta database guru-guru SD seKecamatan Sampang (karena ibu saya guru di SD) ke UPT Disdikpora. Data-data warga desa Sampang saya peroleh dari "polisi desa". Dalam proses ini, saya jadi mengenal penduduk Sampang. hehe. Maksudnya mungkin selama ini ga terlalu ngerti nama aslinya, gelarnya, anaknya, dll.

Setelah listing, diprint di kertas label undangan. Ternyata dalam proses ini menghadapi sandungan kembali. Tidak semua rentalan dapat menerima settingan page label undangan. Ada juga rentalan yang menjawab "maaf mba, ga boleh ngeprint di sini, nanti printer saya rusak", hihi, sounds funny rite? Jadi saran saya, milikilah printer, hehe.

Setelah diprint menghadapi kendala kekurangan jumlah undangan, jadi revisi dan bongkar pasang selama hampir 20 kali. 20 kali Revisi undangan, lumayan mantap bukan. Semua sudah fix, tinggal proses penyebaran. Untuk hal ini dibutuhkan orang yang benar-benar amanah dan paham.

Terdengar begitu rumit? tidak juga ^_^

Post a comment